Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Sarana dan Prasarana Gedung Puskesmas Kota Ende
DOI:
https://doi.org/10.37478/teknosiar.v15i1.1197Abstract
Meningkatkan pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Ende membangun gedung puskesmas di beberapa kecamatan salah satunya adalah gedung Puskesmas Kota Ende yang berada di Jl.Kokos Raya, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur. Gedung ini di kerjakan pada tahun 2019 yang terdiri dari dua lantai dengan luas 506 m². Anggaran biaya pembangunan Puskesmas Kota Ende adalah Rp5.980.000.000,00 (Lima Miliar Sembilan Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap sarana dan prasarana Puskesmas kota Ende. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah pasien di puskesmas tersebut yang berjumlah 64 responden dan diambil secara random. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat, data diperoleh dari pengisian kuisioner secara langsung oleh responden. Hasil penelitian menunjukan jawaban terhadap kualitas sarana dan prasarana Puskesmas Kota Ende, yaitu kriteria tangibles/bukti nyata menjawab puas dengan nilai presentase tertinggi sebesar 89,06%, kriteria reability/keandalan menjawab puas sebesar 85,94%. Untuk kriteria responsive/tanggapan menjawab puas dengan nilai tertinggi 87,50%, kriteria empati menjawab puas dengan nilai tertinggi 81,25% dan kriteria assurance/jaminan menjawab puas dengan nilai tertinggi yaitu 84,38%. Dari penelitian diperoleh hasil, bahwa responden menyatakan puas terhadap sarana dan prasarana Puskesmas Kota Ende.
Downloads
Keywords:
Tingkat kepuasan, sarana, prasarana gedungReferences
Efendi , dkk. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Kotler, Philip. (2006). Manajemen pemasaran. jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta: P.T Indeks Gramedia.
Trihono. (2005). Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat. Jakarta: CV Sagung Seto.
Parasuraman, et.al. (1998). Serqual : A- multiple – Item Scale for measuring cossumer perceptions of service quality “. Journal of Retailing. Vol. 64 (Spring), PP 12- 40.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.