Kualitas Kontraktor Dalam Melaksanakan Proyek Rehabilitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Pada DPU Kabupaten Ende
DOI:
https://doi.org/10.37478/teknosiar.v15i1.1202Abstract
Pelaksanaan pekerjaan proyek rehabilitasi/pemeliharaan jaringan irigasi pada Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2019 dilaksanakan oleh CV. Berdikari, CV. Nusa Alam, CV. Muncul Baru, dan CV. Yordan mengalami keterbatasan antara lain: tenaga kerja kurang memiliki pemahaman terhadap spesifikasi teknik dan gambar kerja, tidak melakukan pengajuan uang muka, dan kesulitan metode kerja yang diisyaratkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kontraktor dan hubungan antara aspek: sumber daya manusia, keuangan/finansial, dan aspek metode pelaksanaan dengan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner tertutup kepada 16 responden pengelola proyek. Hasil penelitian menunjukan kualitas kontraktor ditinjau dari aspek sumber daya manusia, 59,4% menyatakan cukup baik, 50,0% menyatakan kurang baik pada asuransi tenaga kerja, dan 38,8% menyatakan kurang baik pada pemahaman tenaga teknik. Ditinjau dari aspek keuangan/finansial, 63,3% menyatakan cukup baik, 35,0% menyatakan tidak baik pada pengajuan uang muka. Diitinjau dari aspek metode pelaksanaan, 74.8% menyatakan baik, 46,3% menyatakan kurang baik pada metode kerja. Hasil regresi sederhana pengaruh variabel aspek sumber daya manusia, 70,3% dengan nilai sig 0,000<0,005 yang diisyaratkan, aspek keuangan/finansial 88,1% dengan nilai sig 0,000<0,005 yang diisyaratkan, aspek metode pelaksanaan 84,1% dengan nilai sig 0,000<0,005 yang diisyaratkan. Aspek keuangan mempunyai pengaruh yang dominan dengan nilai R2 88,1% dan nilai beta 0,891.
Downloads
Keywords:
Kualitas, pekerjaan proyek, kontraktor, parsial, simultanReferences
Anonim. 2000. Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 1999, Tentang Jasa Konstruksi. Departemen Pekerjaan Umum: Penerbit PT Meditama Saptakarya.
Anonim. 2004. Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah, Nomor 257/KPTS/M/2004, Tentang Standar dan Peddoman Jasa Konstruksi
Sudarto., 2011. Meningkatkan kinerja perusahaan jasa konstruksi di Indonesia. CSIS, Jakarta.
Ervianto, W. I. 2005. Total Quality Management. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pusaka Utama
Imam Soeharto,I. 1995. Manajemen Proyek Konstruksi. Dari Konseptual sampai Operasional. Erlangga Jakarta. 13740
Juran,J.N.1996. Merancangkan Mutu. Ancaman Baru Mewujudkan kedalam Barang dan Jasa. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
P. M. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Wibisono, D. 2006. Manajemen Kinerja. Jakarta: Penerbit Erlangga